Langsung ke konten utama

Katakan Tidak Pada Pungli, Bayar Mandiri di UT !

Banyak sekali mahasiswa UT yang belum tau kalau registrasi setiap semester, beli buku ataupun cetak KTPU (kartu tanda peserta ujian) itu semua bisa dilakukan online. Jadi buat teman-teman yang tempat tinggalnya jauh dari UPBJJ UT tidak perlu titip daftar melalui Pokjar / Salut UT, semuanya bisa mandiri dan tidak ada biaya administrasi apapun.

Untuk registrasi matakuliah (MK), bisa melalui web sia (klik disini), sedangkan untuk pembelian buku / modul bisa melalui web toko buku online UT (klik disini). Untuk beli modul UT juga sudah bisa sekaligus saat registrasi MK, jadi saat regis MK kalian juga akan otomatis beli modulnya. Setelah registrasi selesai, untuk LIP (lembar pembayaran) bisa cetak dari web sia dan kalian bisa langsung bayar melalui ATM, teller bank, atau alfamart. Biaya yang kalian bayarkan sesuai dengan biaya sks yang didaftarkan ataupun sesuai dengan jumlah modul yang kalian beli. Tidak ada biaya adminstrasi apapun!

Sedangkan untuk KTPU, ini tinggal cetak saja di web sia, tidak perlu bayar alias gratis! Jadi buat teman-teman yang tidak bisa datang ke UPBJJ untuk cetak KTPU, jangan galau dan jangan sedih karena kalian bisa cetak sendiri dirumah / kantor masing-masing.

Ternyata mudah kan? Tidak ada yang sulit, asalkan teman-teman mau rajin baca untuk cari informasi atau bisa juga menghubungi hallo UT (klik disini).

Mulai sekarang, ayo kita lakukan semuanya mandiri, tidak perlu datang ke Pokjar, Salut UT ataupun UPBJJ. Semuanya cukup klik dan klik saja, bisa dari hp, laptop ataupun PC komputer masing-masing.

Ayo katakan tidak pada oknum pungli yang suka catut biaya adminstrasi, padahal gratis! Jadilah mahasiswa cerdas yang mandiri!

sia.ut.ac.id



Don't forget to be happy!

Komentar

  1. Ya kak....
    Saya mana UT PGSD..,benar2 di asingkan jika kita tidak mengurus berkas2 dgn ketua pokjarnya 😢 Maba yg lain urus smua berkas2 sama Pokjar ...tapi byr nya bukan 100 atau 200...
    1,5 hanya berkas2 saja...
    Pendaftaran dll 1juta 😢
    Jadi kaya di peras yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kah kak , sama gimana ya cara nya mengatasi pungli ini kasian teman teman kita yang benar2 membutuhkan

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu TAP & Karil UT (Universitas Terbuka)? Bagaimana proses TAP & Karil UT?

Masih banyak yang bingung dan betanya-tanya apa itu TAP & Karil UT? Persyartannya apa dan prosesnya bagaimana? Jadi TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) ini diselengarakan bagi mahasiswa program S1 dan D4 mejelang masa akhir studinya. Dengan tujuan untuk meverifikasi penguasaan mahasiswa terhadap bidang ilmu yang telah diambil. Untuk mengikuti TAP & karil ini ada persyaratan akademis yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan bisa cek disini. Setelah kita lulus seleksi penjaringan secara akademis, maka kita perlu mendaftarkan diri untuk mengikuti TAP & karil, caranya ada disini . TAP & karil ini sistemnya satu paket ya, jadi tidak bisa daftar secara terpisah. Untuk TAP bobot nilainya 4 sks dan karil 0 sks, maka dari itu tidak bisa dipisah saat pendaftaran. Jika kalian sudah daftar, lalu apa yang harus dikerjakan pertama kali? Yang harus kita mulai terlebih dahulu adalah membuat karil setelah itu di upload dan kemudian menunggu hasilnya apakah lulus

Cara daftar TAP dan Karil di UT (Universitas Terbuka)

Pasti banyak yang tanya bagaimana cara daftar TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) di UT. Apakah kamu salah satunya? Well, hari ini saya akan bantu bahas cara daftar dan prosedurnya TAP ataupun karil, supaya kalian tidak bingung lagi. Untuk proses pendaftaran TAP dan karil ini sepaket ya, jadi tidak bisa dipisahkan. Pihak UT akan melakukan proses penjaringan internal dulu didalam sistem mereka, jika kalian sudah lulus seleksi maka secara otomatis NIM kalian sudah bisa didaftarkan TAP. Jika kalian belum bisa daftar TAP maka kalian belum lulus seleksi penjaringan tersebut. Semua data-data ini saya dapatkan berdasarkan pembicaraan dengan pihak hallo UT dan juga dari katalog UT. Detail persyaratan mengikuti TAP sebagai berikut: 1. Data pribadi sudah lengkap Kalian bisa menghubungi hallo UT atau datang ke UPBJJ UT untuk cek apakah data-data adminstrasi kalian sudah lengkap. Jika sudah lengkap, maka kalian sudah bisa daftar TAP. 2. Syarat akademis lainnya

Masuk UT gampang dan keluarnya susah

Saat baca tagline diatas pertama kali saya sempat takut dan ragu untuk masuk UT. Tapi untungnya saya bukan orang yang langsung menyerah begitu saja. Saya coba cari tau dulu dan gali lebih banyak informasi tentang UT.  Sampai akhirnya saya tau UT itu apa dan bagaimana. Kalian bisa cari tau disini , karena saya sudah pernah buat postingan sebelumnya. Dan hari ini saat saya baca tagline itu, saya hanya bisa diam dan terseyum. Iya hanya diam saja, karena bingung sama orang-orang yang masih percaya hal tersebut. Dan terseyum karena saya merasa UT tidak sesulit yang orang lain pikirkan. Well , kalau kalian tanya faktanya apakah banyak yang belum lulus dalam waktu lama? Iya, ada teman saya yang sudah lebih dari 5 tahun dan belum lulus juga. Lalu apakah ada yang akhirnya menyerah dan tidak lanjut di UT? Jawabannya juga iya, ada teman saya yang akhirnya menyerah setelah semester 4 dan tidak melanjutkan lagi. Eits, jangan langsung tutup blog ini apalagi sampai gagal masuk UT ya! H