Langsung ke konten utama

Apa itu TAP & Karil UT (Universitas Terbuka)? Bagaimana proses TAP & Karil UT?


Masih banyak yang bingung dan betanya-tanya apa itu TAP & Karil UT? Persyartannya apa dan prosesnya bagaimana?

Jadi TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) ini diselengarakan bagi mahasiswa program S1 dan D4 mejelang masa akhir studinya. Dengan tujuan untuk meverifikasi penguasaan mahasiswa terhadap bidang ilmu yang telah diambil. Untuk mengikuti TAP & karil ini ada persyaratan akademis yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan bisa cek disini.

Setelah kita lulus seleksi penjaringan secara akademis, maka kita perlu mendaftarkan diri untuk mengikuti TAP & karil, caranya ada disini. TAP & karil ini sistemnya satu paket ya, jadi tidak bisa daftar secara terpisah. Untuk TAP bobot nilainya 4 sks dan karil 0 sks, maka dari itu tidak bisa dipisah saat pendaftaran. Jika kalian sudah daftar, lalu apa yang harus dikerjakan pertama kali? Yang harus kita mulai terlebih dahulu adalah membuat karil setelah itu di upload dan kemudian menunggu hasilnya apakah lulus uji plagiat atau tidak. Kemudian nantinya akan ada jadwal ujian TAP yang waktunya hampir bersamaan dengan UAS, hanya saja TAP dilaksanakan di hari Sabtu.

KARIL

Jadi langkah pertamanya yaitu membuat karil, kalian bisa cek persyaratan serta panduannya disini. Panduan yang ada cukup jelas, jadi kalau kalian mengikutinya dengan baik maka tidak ada kendala besar dalam pembuatan karil ini. Intinya didalam pembuatan karil ini, kalian tidak melakukan plagiat, itu saja! UT hanya mau mengajarkan mahasiswanya untuk bisa menulis laporan ilmiah dengan cara yang benar dan tidak melakukan plagiat dari karya orang lain. Plagiat merupakan pelanggaran yang serius di dunia akademik, baik sengaja ataupun tidak sengaja, sehingga harus dihindari. Supaya itu tidak terjadi kedepannya, maka karil ini diadakan sebagai latihan pembelajaran untuk kita semua.

Saat pembuatan karil, jangan lupa memperhatikan batas waktu upload karil nya. Setelah karil kalian sudah selesai atau sudah di acc untuk yang ikut bimbingan karil, kalian bisa upload di link ini. Jangan sampai salah pilih non pendas dan pendas nya (hehehe), setelah itu kalian harus register NIM kalian baru bisa proses upload karil nya. Setelah sudah di upload sekarang saat nya berpasrah diri sampai hasilnya keluar dan nantinya akan diumukan apakah karil kalian lulus uji plagiat atau tidak.

TAP

Selagi menyiapkan karil kalian juga harus tetap belajar semua mata kuliah pendukung TAP, untuk mata kuliah apa saja yang jadi pendukung TAP bisa cek di katalog UT. Saya sarankan kalian untuk mengikuti TUTON (tutorial online) dari TAP ini, karena selain akan memberikan kontribusi nilai, tuton juga akan memberikan banyak latihan soal yang akan membantu kalian dalam belajar. Kalau bisa kalian juga membentuk kelompok belajar untuk berdiskusi mengenai mata kuliah pendukung TAP ini. Coba buat rangkuman atau catatan yang akan menambah daya ingat mengenai mata kuliah yang sudah dipelajari. Dan kalian juga bisa minta contoh soal ujian TAP dari senior yang sudah pernah mengikuti ujian TAP, karena solanya boleh dibawa pulang oleh mahasiswa.

Ujian TAP akan diselengarakan bersamaan dengan UAS, tapi jika UAS di hari Minggu maka TAP di hari Sabtu. Soalnya berbentuk esay yang terdiri sekitar 3-5 soal saja, hanya jawabanya cukup panjang dan harus diselesaikan dalam waktu 3 jam (hahaha, yang sabar ya). Sifat ujian dapat bersifat buka buku atau tutup buku, sebagaimana tertulis pada sampul ujian. Dan untuk setiap jurusan punya ketentuan masing-masing, jadi kalian harus cek sama fakultas masing-masing. Karena saya mabil S1 Ilmu Komunikasi, maka TAP nya harus tutup buku.

Setelah itu kita hanya tinggal menunggu nilai TAP keluar yang akan diumumkan bersamaan dengan nilai UAS. Jika nantinya karil kalian tidak lulus uji plagiat, tapi nilai TAP nya sudah dinyatakan lulus, maka kalian tidak diharuskan untuk upload ulang karil nya. Untuk yang sudah meyelesaikan semua mata kuliah, bisa langsung menunggu nama nya di daftar peserta UPI (upacara penyerahan ijazah) yang akan dipajang di web masing-masing UPBJJ UT. Untuk yang masih ada sisa mata kuliah atau masih mau memperbaiki nilai bisa tetap melanjutkan di semester berikutnya.

Semoga dengan artikel ini kalian jadi lebih paham mengenai TAP & Karil di UT! Jika ada yang mau ditanyakan silahkan, saya akan bantu selama saya tau☺







Don't forget to be happy!


Komentar

  1. Maaf mau tanya kalo karil nya,, dinilai apa nggak tahu nya dari mana, kalo TAP saya sudah di nilai,, tapi karilnya gak tahu lulus apa nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.. karil hasil nya hanya lulus uji plagiat saja.. tapi tetap akan dapat nilai dan nilai tersebut akan jadi kontribusi TAP.. jadi nilai TAP yg kita dapat itu sudah termasuk karil, jadi satu kesatuan dan tidak dinilai secara terpisah.. jika TAP nilai sudah lulus, artinya kamu sudah lulus baik karil ataupun TAP.. selamat ya ^^

      Hapus
    2. Kalo saya malah sebaliknya.
      Karilnya di LKAM lulus.
      Tapi TAP DAPAT NILAI C-
      Itu bagaimana ya sist.?
      Mohon infonya...?

      Hapus
    3. maaf baru saya reply, itu harus ikut TAP ulang.. tapi nanti tidak usah ikut karil lagi.. saran saya nanti sata ikut TAP, rajin mengerjakan tuton TAP nya.. karena tuton TAP itu memberikan kontribusi nilai 50% untuk nilai TAP nya

      Hapus
    4. kak, tanya dong. Semester 7 saya mengerjakan karil dan tuton TAP, tapi belum mengerjakan ujian TAP karna berhalangan datang. jadi saya akan ujian TAP di semester 8. Apakah nilai tuton TAP yang di semeter 7 dihitung atau hanya nilai ujian TAP di semester 8 yang dihitung?

      Hapus
    5. Setau saya nilai tuton hanya berkontribusi selama satu semester. Sedangkan nilai praktikum berlaku selama menjadi mahasiswa UT. Jadi harus ulang tuton untuk dapat memperoleh kontribusi nilai dari tutonnya. Referensinya bisa baca katalog sistem penyelenggaraan UT di halaman 74 - 75.

      Hapus
  2. Hi..di transkip nilai ditulis TAP B dan Karil B gitu atau bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. nilai di transkip hanya ada Tugas Akhir (TAP)

      Hapus

    2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH

      saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.500.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke dokteran

      Hapus
    3. No hp BPK dr Sutanto yang aktif 082352406469

      Hapus
  3. Saya sudah mengajukan karil san TAP. Tapi saya masih rancu masalah bimbingan dan belum tau apa yang harus saya lakukan terlebih dahulu setelah mendaftar tap dan karil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bimbingan TAP tidak ada, hanya ada tuton saja..
      sedangkan untuk KARIL ada tuto dan bimbingan TTM (pilih salah satu saja)..

      tapi ketersediaan TTM untuk karil ini juga harus cek lagi ke UPBJJ ya.. dan jika ada, TTM nya gratis!

      Hapus
    2. Kak mau tanya, saya sudah terdaftar di tap sekarang, tapi saya kemarin tidak ikut karil jadi apa kah saya ikut tap ini percuma karna saya tidak ikut karil

      Hapus
    3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

      1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
      – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
      – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
      – Drop out takut dimarahin ortu
      – IPK jelek, ingin dibagusin
      – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
      – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
      – Dll.
      2. PRODUK KAMI
      Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
      SARJANA (S1, S2)..
      Hampir semua perguruan tinggi kami punya
      data basenya.
      UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
      UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
      UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
      UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
      UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
      UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
      UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
      AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
      UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
      INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
      STIE SUKABUMI YAI
      ISTN STIE PERBANAS
      LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
      STIMIK UKRIDA
      UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
      UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
      UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
      UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
      UNIVERSITAS SAHID DLL

      3. DATA YANG DI BUTUHKAN
      Persyaratan untuk ijazah :
      1. Nama
      2. Tempat & tgl lahir
      3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
      4. IPK yang di inginkan
      5. universitas yang di inginkan
      6. Jurusan yang di inginkan
      7. Tahun kelulusan yang di inginkan
      8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
      9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
      10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
      11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
      4. Biaya – Biaya
      • SD = Rp. 1.500.000
      • SMP = Rp. 2.000.000
      • SMA = Rp. 3.000.000
      • D3 = 6.000.000
      • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
      • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
      (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
      • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
      (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
      • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

      Hapus
  4. Kalau belym upload karil tapi nilai pkp sudah keluar apa mempengaruhi kelulusan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. PKP Ituu matakuliah PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL. setelah mengerjakan PKP barulah upload karil.

      Hapus
  5. Selamat malam. Saya maubertanya. Saya mahasiswa S1 ut semester 1 tutorial on line fkip. Di laman saya ada tertera pembuatan karil. Apakah benar kami mahasiswa semester 1 juga. Diwajibkan membuat karil. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau tanya TAP dan karil untk yg kuliahnya online itu ap kyk kuliah2 umum ya ad dosen penguji gtu itu?

      Hapus
  6. Salam Kenal, saya mau tanya kapan kita bisa mendaftar untuk Karil dan TAP? apakah harus sampai selesai semua dulu mata kuliah atau bisa bersamaan dengan mata kuliah lain? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai bantu jawab, saya mahasiswa UT yg sudah mendaftar TAP dan Karil. Nanti jika ingin mendaftar ada syarat mata kuliah yg harus diambil dan nilai minimal. Jika lulus baru bisa ambil TAP dan Karil.

      TAP 4 Sks dan Karil 0 sks Dan bebas, boleh digabung yg penting maksimal 24 sks dalam 1 semester dan 10 mata kuliah

      Semoga membantu😊

      Hapus
    2. @Amie.. bisa diambil bersamaan dengan MK lain ataupun MK pendukung TAP.. asalkan syarat mengikuti TAP sudah sesuai, syarat2nya sudah saya tulis di blog , coba di cek ya.. terima kasih

      @Oli ..terima kasih atas info nya

      Hapus
    3. Kak untu syarat mengikuti TAP dan karil apa aja sih
      Dan kalau di semeater sebelum2nya masih ada nilai e belum di benerin apakah bisa mengikuti TAP dan karil mohon pencerahannya

      Hapus
  7. halo kak, boleh minta contoh soal TAP nya kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mf kak boleh liat contoh karilnya gak buat referensi.. jurusan managemen

      Hapus
    2. Halo ka boleh minta contoh karil buat referensi jurusan komunikasi ka ?

      Hapus
    3. halloo kak boleh minta contoh soal nya untuk jurusan pgsd

      Hapus
  8. Terima kasih telah berbagi Contoh Karil UT ini. Sangat membantu sekali untuk kami yang sedang melakukan kegiatan PKP. Semoga karil ini bisa menjadi bahan referensi kami.

    BalasHapus
  9. Pkp saya kok plagiat ya gimana itu padahal buat sendiri itu bagaimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. plagiat itu kadang kala disebabkan kita ambil sumber dari buku atau web tapi tidak melampirkan sumber nya.. jadi dianggap plagiat.. karena yang cek plagiasi ini system, bukan SDM (orang)..

      Hapus
    2. Mau buat karil itu gimna nya, judulnya apa, atau pembahasanya apa tolong bantuannya

      Hapus
  10. Saya mengikuti ujian TAP bersamaan dengan UAS, dan hasil UAS saya sudah keluar tapi hasil TAP belum. Apakah pernah ada kejadian seperti ini dan biasanya apakah penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba langsung cek ke hallo UT ya

      Hapus
    2. Kak kalau seandainya nilai pendukung TAP mendapat nilai UAS nya A apa tetap mengikuti TAP juga....

      Hapus
  11. Saya sudah Registrasi TAP dan karil . Tapi saya masih binggung untuk langkah selanjutnya untuk membuat karil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dibaca panduan cara membuat karil UT dan ikuti bimbingan karil melalui tuton ataupun TTM

      Hapus
  12. Mau tanya jikA matkul tidak lolos 1 untuk tap gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. MK penunjang TAP nya bisa diulang kembali.. bisa diambil bersamaan dengan TAP

      Hapus
  13. Kak boleh minta no kontaknya ga, bnyak yg mau di tanyakan ,berhubung saya juga S1 ilmu komunikasi.

    BalasHapus
  14. bebas, selama persyaratan nya sudah mencukupi.. rata mulai pada ambil dari semester 6-8

    BalasHapus
  15. bebas, selama persyaratan nya sudah mencukupi.. rata mulai pada ambil dari semester 6-8

    BalasHapus
  16. Biasanya pengumumn lulus tidak plagiatnya berapa minggu setelah upload karil?

    BalasHapus
  17. Kak,maaf punya contoh karil gak untuk jurusan s1-manajemen ,soalnya saya masih kebingungan untuk menentukan judulnya dan aturan cara buatnya yang benar,
    Terima kasih kak

    BalasHapus
  18. Mau tanya mbak,, kontribusi nilai TAP terhadap IPK brp persen y mbak?

    BalasHapus
  19. Ka, boleh minta contoh soal TAP kah ?
    Saya Jurusan Ilmu Komunikasi.

    BalasHapus
  20. Kak, boleh tau karilnya kakak itu fokusnya ttg apa ya??

    BalasHapus
  21. Kak nilai tap dan karil untuk ipk berapa persen ya? Atau sama sepperti nilai mk yg lain. Misalnya kalau B brarti 8 gitu??

    BalasHapus
  22. Adakah contoh2 Soal TaP ilmu komunikasi , sy Ada kesalahan saat registrasi Tuton..jadi blm ada gambaran soal2 Tap nya gimana

    BalasHapus
  23. Login ke sistem unggah karil gimana caranya bu...mohon bantuannya.trmkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jurusan administrasi negara, sekarang smt tujuh dan sudah selesai bimbingan karil. Tapi karilnya belum saya unggah...bgaimana caranya bu...loginnya pakai akun yg mana (akun regis mata kuliah atau Nim)..trmkasih sebelumnya

      Hapus
  24. Boleh contoh soap tap ilmu hujum
    Terimkasih

    BalasHapus
  25. Kak, kalo kita tidak upload Karil bgmn?

    BalasHapus
  26. Selamat sore admin..saya mau bertanya...kebetulan saya sudah menggunggah karil dan mengikuti ujian tab...sebagai pertanyaan apakah bagaimana cara kita memgetahui kelulusan plagiat karil yg udh kita upload ya...sementara website nya udah ditutup...apakah nilainya juga bersamaan muncul di penilaian tab nt ya???...
    Terimakasih

    BalasHapus
  27. Min, saya mau tanya .Tap itu diadakan setiap semester atau hanya saat menjelang kelulusan? Soalnya saya baru daftar tahun 2020 dan di LIP tertera TAP tanggal 20/06/2020. Itu maksudnya gimana ya, min ? Sebelumnya terima kasih .

    BalasHapus
  28. Kak mau tanya kalo misal TAP dan karil itu ad dosen penguji gt itu tah?kayak kuliah2 pada umumnya?saya soalnya ikt yg online

    BalasHapus
  29. Kalao PKP lulus sementara karilnya belum lulus, bagaimana? Karna registrasi untuk jurusan pgsd sepaket antara PKP dgn KARIL.

    BalasHapus
  30. Saya sudah mengajukan judul karil pengatuh paranan administrasi publik terhadap masyarakat, apakah cocok judul karil tanpa meneliti

    BalasHapus
  31. mohon infonya untuk unggah karil analisis apa saja yang harus dicantumkan dalam karil tersebut urutanya bagaimana karena analisis ini ada 3 penelitian

    BalasHapus
  32. Bila kari lulus ntapi keterangan nilai pkp uf ..apakah harus unggah karil kembali agar pkp lulus

    BalasHapus
  33. Bila kari lulus ntapi keterangan nilai pkp uf ..apakah harus unggah karil kembali agar pkp lulus

    BalasHapus
  34. Kak kalo seumpama karil tidak lulus uji plagiat itu harus gimana. Kak?

    BalasHapus
  35. Setelah unggah karil, apa yang harus kita lakukan selanjut nya? btw, saya unggah karil ini ketika reg dan sedang mengambil mata kuliah PKP sedangkan TAP saya blm registrasi, apa regiatrasi TAP setelah keluar nilai PKP tidak masalah?

    BalasHapus
  36. Selamat siang ka.. .bisa berbagi contoh soal TAP untuk prodi ilmu perpustakaan ga yach. . .terimakasih

    BalasHapus
  37. Saya mau tanya, semester kemarin kan saya sudah ikut karil dan TAP, tapi TAP saya lulus dan karil saya tidak lulus. Nah, semester ini saya ambil lagi TAP dan KARIL. Saya tinggal upload karil dan saya tidak mengikuti ujian TAP lagi. Apakah semester ini saya sudah tidak bisa upload karil saya kembali atau bagaimana? Mohon solusinya min...

    BalasHapus
  38. Halo ratna,
    Bisakah saya minta bantuan contoh2 soal TAP jurusan manajemen?
    Jika ada ,tolong kirim ya .. ke almaat email ini : melyadp09@gmail.com

    Terimakasih dan salam kenal..

    BalasHapus
  39. Bagaimana jika karil kita tidak di acc oleh dosen pembimbing tapi langsung di upload apakah berpengaruh terhadap nilai kelak atau nilai kuliah ?

    BalasHapus
  40. Kita ngambil TAP berbarengan dengan karil bisa gak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ijin bantu menjawab, untuk TAP sepaket dengan karil. Jadi kalau registrasi TAP sudah termasuk karil.

      Hapus
  41. Kalau saya karil lulus plagiasi.. Tapi ujian TAP terlmbat mndaftar untuk ujian.. Bagaimana yaah.. Apakah masih bisa semester berikutnya.. Sekarang saya semester 7... Harusnya ikut TAP tapi tidak tau info pendaftaran jdi nya tdak ikut

    BalasHapus
  42. Kalau saya karil lulus plagiasi.. Tapi ujian TAP terlmbat mndaftar untuk ujian.. Bagaimana yaah.. Apakah masih bisa semester berikutnya.. Sekarang saya semester 7... Harusnya ikut TAP tapi tidak tau info pendaftaran jdi nya tdak ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ijin bantu menjawab, untuk TAP bisa didaftarkan di semester berikutnya, dan yang penting cek kalender akademik dan info lainnya di website ut.ac.id ya

      Hapus
  43. hai kak, di prodi saya TAP 4 sks dan Karil 0 sks, apa berarti tidak ada karil? atau karir itu bersifat opsional?
    bagaimana jika ingin melanjutkan jenjang magister di PTN? kira-kira bisa atau tidak?
    terima kasih :)

    BalasHapus
  44. maaf kak mau tanya , ujian TAP itu seperti apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai ijin menjawab, ujian TAP berbentuk essay. Dalam soal TAP terdapat contoh kasus yang diambil dari jurnal ilmiah, dan beberapa soal. Soal tsb berkaitan ttg materi dari mata kuliah pendukung TAP. Ujian TAP ada yang open book dan close book tergantung prodinya.

      Hapus
  45. Mau tanya gimana ya, saya kemarin tidak ikut karil, sedangkan tgl 30 Agustus ini saya ikut ujian tap, jadi apakah percuma saya ujian tap karna gak ikut karil... Tapi seandainya nilai tap saya bagus nanti apakah saya tetap nilai nya gak bagus karna gak ikut karil tolong penjelasannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus sama seperti saya, kak senior siapapun minta tolong bantu jawab, terimakasih banyak

      Hapus
    2. Gmn kak hasilnya? Saya jg gini nih skrg. Bingung mau ikut TAP atau tdk

      Hapus
  46. Selamat pagi, mau tanya biaya kuliah di UT berapa ya kira2 bersihnya persemester?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang. Kalau ambil paket SIPAS, kira-kira 1.300.000 per semester. Jika ambil paket non-SIPAS biayanya berbeda-beda tergantung program studi.

      Saya non-SIPAS ambil S1 Akuntansi. Biaya SPP per SKS untuk prodi Akuntansi adalah Rp38 ribu. Dua semester terakhir saya registrasi 24 SKS dan biayanya di bawah Rp1,6 juta per semester, sudah termasuk buku.

      Hapus
  47. Kak mau tanya kalau kemarin ngerjakan TAP jawaban rumus benar, tapi perkalian atau hasilnya salah
    apa masih dapat nilai, maskipun bukan 25 % ?

    BalasHapus
  48. Hai, apa syarat untuk bisa mengambil TAP & Karil?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  49. Syarat D2 perpustakaan tf ke S1 perpustakaan gmna ya?

    BalasHapus
  50. Syarat D2 perpustakaan tf ke S1 perpustakaan gmna ya?

    BalasHapus
  51. To, saya mintta soal TAP prodi ilmu pemerintahan donk. Sekalian tips supaya lulus..hehe

    BalasHapus
  52. Min mau tanya, saya kan telat unggah karil. Sekarang sudah bisa unggah karil yang tahap ke 2, jadi saya mau unggah karil, tapi pas saya mau registrasi untuk karil tidak bisa dan ada tulisan dari karil.ut.ac.id menyatakan NIM tidak terdapat pada data registrasi karil. Padahal saya sudah melunasi billing registrasi mata kuliah, tapi kenapa saya tidak Terdaftar sebagai peserta karya ilmiah ???
    Mohon bantuannya min, terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama seperti itu dan sampai sekarang belum ada penyelesaian msalah saya

      Hapus
    2. Halo kak . Terus kelanjutannya gimana . Ada solusi . Saya pun begitu soalnha. Jadi bingung . Ohon bantuannya

      Hapus
    3. Halo kak saya juga begitu. Utk skrng. Jd bingjng harus bagaiaman. Mohon bantuannya selanjut gimana ya

      Hapus
  53. Mohon bantuannya min, saya mahasiswa semester 9 min UPBJJ-UT PALEMBANG.

    BalasHapus
  54. Wah ulasannya lengkap banget, Kak. UT itu untuk pembelajarannya melalui online learning gitu ya? Tertarik juga nih mau kuliah di UT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar min pembelajaran nya melalui online learning.

      Hapus
  55. tannya donk ini kan aku semester 9.. nah cara mengetahui kita bisa mnegikuti ujian TAP atau enggknya itu bagaimana? sedangkan untuk nilai TAP sudah A dan karil sudah lulus plagiat,, kemudian sekarang juga sudah ikut Mta kuliah TAP.

    BalasHapus
  56. bagaimana jika nim tidak terdaftar saat registrasi karil ?

    BalasHapus
  57. bagaimana jika nim tidak terdaftar saat registrasi karil ?

    BalasHapus
  58. Mau tanya
    Saya saat ini mengulang TAP karena sebelumnya dapat B-
    untuk Karil sudah lulus uji plagiasi
    namun Tuton TAP nya tidak juga muncul hingga minggu ketiga sekarang padahal tuton matkul lain muncul...ada yang tau kenapa ya ?

    BalasHapus
  59. Hallo, sybmau tanya apakah karil harus dosen yg uploud?

    BalasHapus
  60. Mohon bantuan jika karil nya ter upload 2 kali di halaman karil bagaimana,,,

    BalasHapus
  61. Halo, Di manakah mahasiswa dapat mengetahui pengumuman penjaringan TAP? Apakah dapat diketahui secara otomatis melalui sistem registrasi matkul di SIA (misalnya apabila terjaring TAP maka otomatis dapat mendaftar TAP, dan sebaliknya)?

    BalasHapus
  62. Mantap nih,, ada sedikit gambaran buat TAP di semester ini ..

    BalasHapus
  63. Halo kak, makasih banyak buat informasinya. Mau tanya-tanya tentang soal TAP dan karilnya boleh kah? Soalnya masih bingung buat bikin karilnya hehe. Aku jurusan ilmu komunikasi juga, salken kak.

    BalasHapus
  64. Maaf saya mau tanya, Kan saya ambil paket SIPAS NON TTM dan 2021.1 nanti masuk semester 7 Sarjana Ekonomi. itu di KATALOG.... panduan karilnya halaman berapa ya ? Kok saya tidak nemu panduan KARIL ya... yang ada
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  65. saya mahasiswa akhir tahap TAP, bisa kirim soal TAP prodi Ilmu komunikasi ke pujirahayu0099@gmail.com terima kasih.

    BalasHapus
  66. Maaf kak mau tanya, untuk Karil itu bimbingan nya tatap muka terus atau bagaimana biasanya? Kemudian hasil karilnya itu nanti dipresentasikan dan diuji langsung sama dosen2 seperti S1 di universitas pada umumnya tidak ya, Seperti sidang atau seminar hasil gitu tidak ya?

    BalasHapus
  67. Maaf kak mau tanya, apakah jika mata kukiah penunjang TAP tidak lulus sks maka tidak bisa ikut TAP dan karil ya?

    BalasHapus

  68. Maaf mau tanya,saya dapat nilai B- apakah saya mengulang?

    BalasHapus
  69. Maaf mau tanya, utk katil fhisip aa boleh melebihi 12 hal??🙏

    BalasHapus
  70. Maaf kak mau tanya kan saya ada daftar tuton TAP tai saya tidak mengerjan tuton tersebut apakah pengaruh dengan nilai TAP ? terima kasih kak

    BalasHapus
  71. Sy mau tanya kl seandainya MTK pendukung TAP mendapat nilai UAS A semua apa tetap mengikuti TAP.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak saya mau tanya , tap saya sudah lulus
      Pkp juga sudah lulus. Tapi kenapa di lkam umum matkul karya ilmiah saya tdk muncul ?

      Hapus
  72. Kak saya mau tanya
    Pkp saya sudah lulus, tap saya juga sudah luluss. Tapi kenapa matkul katya ilmiah saya tdk muncul di lkam umum ??

    BalasHapus
  73. Mau tanya kak, saya sudah mengikuti TAP dan lulus tapi saya tidak upload karil... apakah saya perlu registrasi ulang TAP karil atau tidak usah untuk syarat kelulusan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah baca kalau tdk salah jika tdk mengupload karil nilai TAP nya jadi 80% saja atau maksimum 80. Karena nilai TAP didapat dari 80% TAP dan 20% karil. Jadi kalau sudah lulus TAP tidak perlu registrasi TAP lagi. CMIIW.

      Hapus
  74. Assallamuallaikum,
    Maaf kak mau tanya, misalkan pas kita unggah karil itu tidak lulus, apakah bisa mengaruh nilai untuk PKP.nya?🙏

    BalasHapus
  75. Assalamualaikum ka. Boleh tau refrensi soal TAP bisa dapet dimana? Saya jurusan ilmu komunikasi juga, trrimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  76. Maaf tanya, saya ikut tap smtr ini dan baru tau klo upload karil dlu baru ikut tap, tp blm buat dn batasanny mepet bgmn ya

    BalasHapus
  77. Assalamu'alaikum,,maaf kak mau tanya,,nilai pkp ku kn sudah keluar dan lulus tapi di lkam umum karil pendidikan guru sekolah kok gk muncul ya kak? Apakah karil saya lulus?

    BalasHapus
  78. Kak mau bertanya, jika nilai TAP nya sudah keluar dan dpt nilai A namun belum pernah upload karil apa bisa di nyatakan lulua ya?

    BalasHapus
  79. berapa persen yang lulus plagiat

    BalasHapus
  80. Saya jurusan pendidikan ekonomi, karil sudah lulus bersamaan mengambil mata kuliah pkp dapat nilai A tapi di LKAM karil tak ada nilai cuma ada keterangan lulus.
    Semua mata kuliah sudah lulus. Ipk 3.34 Hanya tinggal TAP. pas registrasi katanya Saya belum bisa mengambil TAP. saya tanya ke upbjj katanya harus menunggu penjaringan dari pusat. Yang mau saya tanyakan berapa lama penjaringan? Trus apakah pihak upbjj tidak bisa mengusulkan nama mahasiswa hang sudah bisa TAP. sy agak galau menunggu penjaringan takutnya masa registrasi habis. Sementara saya sudah pengen cepat cepat lulus. Terima kasih

    BalasHapus
  81. saya dapat nilai B-, Harus ngulang

    BalasHapus
  82. Izin bertanya..semoga di sini bisa Nemu jawaban...sy sudah Regis karil cuman g Regis PKP(PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL)apakah tetap BS unggah karil.trimakasih

    BalasHapus
  83. Nilai semua Mk saya A apkh boleh gk ikut TAP

    BalasHapus
  84. Assalamualaikum izin bertanya jika karil nilainya 52 , tapi belum ada TAP, TAPnya baru ada di semester depan, apakah tetap bisa ambil TAP atau harus mengulang karil? sedangkan karil 0sks apakah tetap berpengaruh juga? atau harus bagaimana? mohon di bantu

    BalasHapus
  85. klo karil lom lulus itu harus gmn kk y

    BalasHapus
  86. Terimakasih atas informasinya yg lengkap kaa...

    BalasHapus
  87. Halo selamat malam saya adalah Diana mahasiswi UT,Pokjar borong UPBJ KUPANG ,uang yang saya mau tanyakan disini min,saya sering mendapat nilai E,padahal saya sudah kerja tugas diskusi, serta daftar hadir aktif,mengapa nilai e, sementara nilai totun ambil 30%, lalu kemana nilai saya e,dan dikemana nilai tugas dan totun saya??dan yang saya tanyakan apakah tap itu setiap tahun beda soalnya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara daftar TAP dan Karil di UT (Universitas Terbuka)

Pasti banyak yang tanya bagaimana cara daftar TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) di UT. Apakah kamu salah satunya? Well, hari ini saya akan bantu bahas cara daftar dan prosedurnya TAP ataupun karil, supaya kalian tidak bingung lagi. Untuk proses pendaftaran TAP dan karil ini sepaket ya, jadi tidak bisa dipisahkan. Pihak UT akan melakukan proses penjaringan internal dulu didalam sistem mereka, jika kalian sudah lulus seleksi maka secara otomatis NIM kalian sudah bisa didaftarkan TAP. Jika kalian belum bisa daftar TAP maka kalian belum lulus seleksi penjaringan tersebut. Semua data-data ini saya dapatkan berdasarkan pembicaraan dengan pihak hallo UT dan juga dari katalog UT. Detail persyaratan mengikuti TAP sebagai berikut: 1. Data pribadi sudah lengkap Kalian bisa menghubungi hallo UT atau datang ke UPBJJ UT untuk cek apakah data-data adminstrasi kalian sudah lengkap. Jika sudah lengkap, maka kalian sudah bisa daftar TAP. 2. Syarat akademis lainnya

Masuk UT gampang dan keluarnya susah

Saat baca tagline diatas pertama kali saya sempat takut dan ragu untuk masuk UT. Tapi untungnya saya bukan orang yang langsung menyerah begitu saja. Saya coba cari tau dulu dan gali lebih banyak informasi tentang UT.  Sampai akhirnya saya tau UT itu apa dan bagaimana. Kalian bisa cari tau disini , karena saya sudah pernah buat postingan sebelumnya. Dan hari ini saat saya baca tagline itu, saya hanya bisa diam dan terseyum. Iya hanya diam saja, karena bingung sama orang-orang yang masih percaya hal tersebut. Dan terseyum karena saya merasa UT tidak sesulit yang orang lain pikirkan. Well , kalau kalian tanya faktanya apakah banyak yang belum lulus dalam waktu lama? Iya, ada teman saya yang sudah lebih dari 5 tahun dan belum lulus juga. Lalu apakah ada yang akhirnya menyerah dan tidak lanjut di UT? Jawabannya juga iya, ada teman saya yang akhirnya menyerah setelah semester 4 dan tidak melanjutkan lagi. Eits, jangan langsung tutup blog ini apalagi sampai gagal masuk UT ya! H