Langsung ke konten utama

UT itu apa? Ayo bahas Tentang UT (Universitas Terbuka) !


Karena ada istilah tak kenal maka tak sayang, ayo kita kenalan dengan UT (Univesitas Terbuka)!



Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Iya, UT itu negeri! Masih ga percaya? Coba cek disini. Jadi kalian patut berbangga hati jika kuliah di UT!



UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti tidak terikat dengan jarak dan waktu. Karena pembelajaran bisa dilakukan menggunakan media cetak maupun non cetak. Media cetak berupa modul yang bisa kita beli di TBO (toko buku online UT). Dan media non cetak bisa berupa audio/video, siaran radio, televisi dan online/internet. Untuk media online ini salah satunya adalah RBV (ruang baca virtual), jadi kita bisa membaca modul secara online jika memang tidak mebeli modul cetak.

Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Jadi artinya dimana pun kalian berada dan berapapun usia kalian, tidak ada alasan tidak bisa kuliah. Karena UT hadir untuk menjadi solusi dari hal-hal tersebut. Kita tetap bisa belajar walaupun sedang bekerja di laut, di desa terpencil, bahkan bekerja diluar negri. Baik baru lulus SMA, Ibu rumah tangga dan sudah lansia, kita tetap bisa melanjutkan jenjang pendidikan. Karena memiliki atau mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan adalah hak semua orang.


Cara belajar di UT bagaimana?

Pada dasarnya sistem pembelajaran di UT ada 2 cara yaitu:
- TUTON (tutorial online)
- TTM (tatap muka)

Karena mengingat sistem pembelajaran UT menggunakan sistem belajar jarak jauh, maka pembelajarannya bisa dilakukan secara online melalui sistem TUTON (tutorial online). Didalam TUTON ini nantinya kita akan dibimbing oleh seorang tutor / dosen selama 8 minggu. Kita akan berdiskudi dan juga diberikan tugas yang semuanya akan kita lakukan dan kumpulkan melalui online dengan media internet.

Tapi bagi kalian yang memang mau mengikuti pembelajaran seperti universitas konvensional lainnya, kalian juga bisa mengikuti TTM (tutorial tatap muka) yang diadakan oleh UPBJJ UT (Unit Program Belajar Jarak Jauh). Sebelumnya kalian harus cek dulu dikota tempat kalian tinggal ada UPBJJ UT atau tidak, nantinya bisa datang langsung ke ke UPBJJ UT untuk cek apakah mata kuliah yang kalian ambil tersebut disediakan kelas TTM atau tidak. Jika memang tersedia kalian bisa mendaftarkan mata kuliah yang akan mengikuti kelas TTM nantinya.

Untuk proses TTM ini hampir sama dengan TUTON yaitu selama 8 kali pertemuan dalam 8 mingggu. Hanya saja kalau ikut TTM kalian harus hadir ditempat yang sudah di tentukan dan nantinya akan ada tutor / dosen yang mengajar kita secara langsung / tatap muka.



Untuk biaya kuliah di UT bisa dibilang relatif murah dan terjangkau karena tidak ada yang namanya uang pembagunan / gedung. Jadi kalian hanya cukup bayar sesuai jumlah SKS yang kalian ambil setiap semester. Jika mengikuti TUTON maka tidak ada biaya tambahan, tapi kalau mau ikut TTM maka ada biaya tambahan IDR 150.000 / mata kuliah. Untuk kalian yang mau hemat juga bisa baca buku / modul dari RBV saja, karena itu layanan gratis dari UT. Tapi kalau saya lebih nyaman beli modul cetak, supaya bisa saya hias pakai stabilo (hahaha).


Masuk UT susah tidak ? Perlu test masuk?

Masuk UT cukup mudah, kalian hanya perlu mendaftar dan membayar biaya perkuliahan saja. Tentunya ada berkas atau persyaratan yang diperlukan, itu semua bisa di cek disini. Jadi tidak ada yang namanya test masuk.

Kalau tidak ada test masuk, berarti universitas gampangan dong! Oh, no way! Kenapa harus ada test masuk jika waktu bisa menguji kita secara jujur dan adil? Lulus test masuk universitas ternama bukan berarti kita pintar kan! Karena bisa saja ada oknum yang curang dengan cara-cara yang tidak benar, you know lah ya! Itu adalah salah satu alasan kenapa UT tidak ada test masuk, supaya tidak ujung-ujungnya duit! Jadi kalau kalian malas dan tidak mau belajar, secara otomatis kalian akan mundur dengan sendirinya. Dan nantinya hanya akan ada orang-orang yang rajin dan mau bekerja keras yang akan lulus dan di wisuda.

Kenapa begitu? Seperti yang sudah dibahas, di UT lebih di utamakan belajar mandiri. Artinya tidak akan ada dosen yang marah saat kita tidak belajar atau tidak mengumpulkan tugas. Semua itu tergantung kesadaran diri dan kedisipilinan kita. 


Masuk UT gampang tapi keluarnya susah?

Kata siapa? Kata burung yang berkicau? It's just hoax! Trust me!
Memang banyak sekali yang jadi mahasiswa abadi dan tidak lulus di UT, tapi itu bukan karena kuliah di UT susah. Kalian pernah dengar istilah “tanam padi tidak akan tumbuh jagung”. Mau lulus, ya belajar! No other solutionHal ini terjadi tidak hanya untuk UT tapi kuliah dimanapun saya rasa sama saja. Jika kalian mau belajar dengan giat, management waktu yang baik dan tentunya disiplin, pasti nilai kalian akan bagus dan tentunya cepat lulus. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, nanti saya akan buat postingan tersendiri.


Alumni UT banyak yang terkenal ga?

Iya dong, ga usah ditanya lagi! Karena yang saat ini masih aktif kuliah saja banyak dari kalangan artis/selebritis dan pejabat negara. Saat saya berkunjung ke UPBJJ UT Jakarta saja, ada beberapa artis/selebritis yang lagi daftar masuk kuliah.

Nah ini ada beberapa nama alumni UT yang mungkin kalian kenal:
  1. Jenderal TNI (Purn), Dr. H. Wiranto, SH : sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
  2. Ibu Ani Bambang Yudhoyono : sebagai mantan Ibu Negara RI
  3. Mooryati Soedibyo (Pemilik Mustika Ratu kosmetik)
  4. Dewi Huges (selebritis)
  5. Asmirandah (selebritis)


Bagaimana masih ragu sama UT? Jangan kebanyakan galau ya guys, semoga kalian bisa cepat memutuskan mau kuliah dimanapun itu. Karena makin lama kalian galau, makin lama kalian mulai kuliah dan makin lama kesempatan mendapatkan ilmu yang lebih banyak. Good luck for you!

Kalau mau tanya-tanya tentang UT, kalian juga bisa menghubungi halo UT
Phone  : (021) 1500024
Email   : hallo-ut@ut.ac.id
Sms      : 081 1905 0024









Don't forget to be happy!





Komentar

  1. Di UT bisa pake KIP Kuliah ngga kak?

    BalasHapus
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus
  3. The Diagonal has always been a Rolex graduation model that appears in front of everyone, with its professional chronograph function, which is considered a more complex model in Rolex. The Panda Dee is replica hublot watches a very representative model of the Ditoner series,uk replica watches with a classic black and white colour scheme plus a three-eyed subdial,replica iwc watches which has always been a sought-after item and is definitely at the top of the list in Rolex.

    BalasHapus
  4. It’s been a remarkably strange year for movies. In the wake of COVID-19’s continued presence, the release cycle has been thrown completely out of whack. Movies have been delayed once, twice, and thrice – appearing on streaming services in conjunction with short theatrical runs. There are replica watches ukso many new films on every single streaming platform that it’s hard to keep track of them all, or know if they’re worth watching. One such movie – directed by last week’s featured actor, George Clooney – is The Tender Bar, a coming-of-age story about a young boy who forges a bond with a bartending uncle played by Affleck.

    BalasHapus
  5. Stylish reject: When the Rolex Daytona replica watches for men with so-called “exotic” dials (with depressed outer rims in different colors from the main dial) were introduced, they were quite unpopular, and few were made. replica watches uk Once one of these best quality super clone watches became associated with Newman, however, demand – and value – began to grow.

    BalasHapus
  6. Das replica uhren Edelstahlgehäuse ist größtenteils hochglanzpoliert, mit einem Riemen an der Seite des 1: 1-Replik-Uhrengehäuses, der die flache und dicke Oberfläche durchbricht. Die Seitenoberflächen sind gebürstet, was rolex replica einen scharfen Kontrast zu der abgestuften Lünette und den Bandanstößen bildet.

    BalasHapus
  7. Obviously, the name chosen for the Yacht-Master replica watches uk wasn’t a random choice – nothing is random at Rolex – and clearly speaks to the potential profile of a yacht owner, not a deckhand.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu TAP & Karil UT (Universitas Terbuka)? Bagaimana proses TAP & Karil UT?

Masih banyak yang bingung dan betanya-tanya apa itu TAP & Karil UT? Persyartannya apa dan prosesnya bagaimana? Jadi TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) ini diselengarakan bagi mahasiswa program S1 dan D4 mejelang masa akhir studinya. Dengan tujuan untuk meverifikasi penguasaan mahasiswa terhadap bidang ilmu yang telah diambil. Untuk mengikuti TAP & karil ini ada persyaratan akademis yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan bisa cek disini. Setelah kita lulus seleksi penjaringan secara akademis, maka kita perlu mendaftarkan diri untuk mengikuti TAP & karil, caranya ada disini . TAP & karil ini sistemnya satu paket ya, jadi tidak bisa daftar secara terpisah. Untuk TAP bobot nilainya 4 sks dan karil 0 sks, maka dari itu tidak bisa dipisah saat pendaftaran. Jika kalian sudah daftar, lalu apa yang harus dikerjakan pertama kali? Yang harus kita mulai terlebih dahulu adalah membuat karil setelah itu di upload dan kemudian menunggu hasilnya apakah lulus

Cara daftar TAP dan Karil di UT (Universitas Terbuka)

Pasti banyak yang tanya bagaimana cara daftar TAP (tugas akhir program) dan Karil (karya ilmiah) di UT. Apakah kamu salah satunya? Well, hari ini saya akan bantu bahas cara daftar dan prosedurnya TAP ataupun karil, supaya kalian tidak bingung lagi. Untuk proses pendaftaran TAP dan karil ini sepaket ya, jadi tidak bisa dipisahkan. Pihak UT akan melakukan proses penjaringan internal dulu didalam sistem mereka, jika kalian sudah lulus seleksi maka secara otomatis NIM kalian sudah bisa didaftarkan TAP. Jika kalian belum bisa daftar TAP maka kalian belum lulus seleksi penjaringan tersebut. Semua data-data ini saya dapatkan berdasarkan pembicaraan dengan pihak hallo UT dan juga dari katalog UT. Detail persyaratan mengikuti TAP sebagai berikut: 1. Data pribadi sudah lengkap Kalian bisa menghubungi hallo UT atau datang ke UPBJJ UT untuk cek apakah data-data adminstrasi kalian sudah lengkap. Jika sudah lengkap, maka kalian sudah bisa daftar TAP. 2. Syarat akademis lainnya

Masuk UT gampang dan keluarnya susah

Saat baca tagline diatas pertama kali saya sempat takut dan ragu untuk masuk UT. Tapi untungnya saya bukan orang yang langsung menyerah begitu saja. Saya coba cari tau dulu dan gali lebih banyak informasi tentang UT.  Sampai akhirnya saya tau UT itu apa dan bagaimana. Kalian bisa cari tau disini , karena saya sudah pernah buat postingan sebelumnya. Dan hari ini saat saya baca tagline itu, saya hanya bisa diam dan terseyum. Iya hanya diam saja, karena bingung sama orang-orang yang masih percaya hal tersebut. Dan terseyum karena saya merasa UT tidak sesulit yang orang lain pikirkan. Well , kalau kalian tanya faktanya apakah banyak yang belum lulus dalam waktu lama? Iya, ada teman saya yang sudah lebih dari 5 tahun dan belum lulus juga. Lalu apakah ada yang akhirnya menyerah dan tidak lanjut di UT? Jawabannya juga iya, ada teman saya yang akhirnya menyerah setelah semester 4 dan tidak melanjutkan lagi. Eits, jangan langsung tutup blog ini apalagi sampai gagal masuk UT ya! H